Caping Day 2013 AKBID UNISKA KENDAL

751

 

Program Tahunan, Mematangkan Kemampuan Praktik Calon Bidan

Sebanyak 94 mahasiwi Akbid Uniska ‘AKU’ Kendal, Kamis (7/3), mengikuti prosesi ‘caping day’ yang bertujuan untuk mematangkan kemampuan praktik bagi calon bidan. Seperti apakah itu

LANTAI tiga Ruang Pertemuan Kampus Akbid Uniska ‘AKU’ Kendal, yang berada di Jalan Soekarno Hatta, kemarin, menjadi saksi bisu, atas pelaksanaan prosesi pemasangan kap profesi dan pengucap sumpah janji mahasiswi yang dikenal dengan istilah caping day. Caping day angkatan yang ke VII kali ini diikuti oleh  94 mahasiswi yang terdiri dari 56 mahasiswi lulusan SMA serta 38 mahasiswi D1 Kebidanan.

Menurut Ketua Akbid Uniska ‘AKU’ Hj Masruroh SSiT, MKes, setelah mahasiswi menyelesaikan pembelajaran teori dan laborat, dilanjutkan dengan praktik klinik disejumlah Rumah Sakit, pada semester kedua. Mahasiswi diharapkan mampu mengaplikasikan teori yang telah didapatnya di bangku kuliah dan berkomitmen membantu masyarakat di bidang kebidanan, antara lain menekan angka kematian ibu melahirkan, bayi dan balita serta gizi buruk.

Di era globalisasi yang penuh persaingan ini, mahasiswi harus selalu meningkatkan kompetensinya agar dapat bersaing secara sehat, profesional dan bertanggungjawab. Berbagai pengalaman praktis yang didapat, kelak dapat dijadikan acuan terbaik serta menambah pengalaman masing- masing peserta caping day dan pada akhirnya bakal mampu membuktikan diri menjadi yang terbaik serta berprestasi.

“Selain dituntut untuk memiliki ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang mumpuni dan luas, juga dituntut meningkatkan teknik berkomunikasi yang baik. Komunikasi yang baik dapat memberikan rasa aman serta dipercaya dapat mempercepat proses penyembuhan pasien,” ingat Ketua Akbid Uniska lagi.

Prosesi caping day, diawali dengan bacaan al Quran, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu wajib serta puncaknya ditandai pemakaian kap profesi yang dilakukan oleh Ny Arifani SH, MM Sekretaris Dinkes yang didampingi oleh Ketua Akbid Uniska Hj Masruroh serta Ketua IBI Cabang Kendal, Ny Sri Sumini SKM, secara simbolik kepada tiga mahasiswi yang mewakili rekan- rekannya.

Setelah pemasangan kap secara simbolik selesai dilakukan, diteruskan dengan pemakaian kap profesi yang dilakukan sendiri oleh seluruh mahasiswi yang mengikuti acara ini. Caping day dan pengucapan sumpah janji, disaksikan oleh Direktur Yayasan Akbid Ir Johar Tantowi MM. Hadir pula Perwakilan Dinas Tenaga Kerja, BPPKB, Rumah Sakit ‘Soewondo’ Kendal, RS ‘Darul Istiqomah’ Kaliwungu, Kepala Puskesmas Kendal, orang tua mahasiswi, dosen, serta tamu undangan yang memenuhi ruangan lantai dua Akbid Uniska.

Sedangkan Ketua Panitia, dalam sambutan tertulisnya menyampaikan bahwa kebidanan merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan yang paling tua di dunia ini. Bidan bukan sekedar memberikan bantuan melahirkan anak di era sebelum lahirnya kedokteran modern. Terbukti para bidan tradisional di jaman Firaun, telah demikian besar jasanya menghibur ibu melahirkan, ikut menyelamatkan bayi serta anak, dan ibunya.

Dalam perkembangan selanjutnya, di mana bidang kedokteran modern terus berkembang hingga seperti saat ini, peran bidan pun samakin sentral, sehingga bidan amat sangat memberikan konstribusi positip bagi ibu hamil, melahirkan, maupun kesehatan balita agar mereka tumbuh normal. Keberhasilan serta jasa yang demikian besar dari para bidan ini layak untuk mendapatkan apresiasi dari semua pihak. (*)

http://www.radarpekalonganonline.com/94-mahasiswi-akademi-kebidanan-uniska-aku-ikuti-caping-day/