Caping Day dan Ucap Janji Mahasiswa Ke X

Caping Day dan Ucap Janji Mahasiswa Ke X

IMG_2812

Prosesi Caping Day dan ucap janji mahasiswa,f dilaksanakan sebagai bentuk penanda telah dimulainya kegiatan pelepasan mahasiswi Kebidanan untuk melakukan praktek di lapangan dan bersinggungan langsung dengan masyarakat. Hal yang sama juga dilakukan Akademi Kebidanan Uniska (AKU) Kendal, saat melepas 17 mahasiswinya yang hendak menjalani praktek untuk pertama kalinya dalam Ketrampilan Dasar Klinik (KDK). Sebanyak 17 maha­siswi Akbid Uniska Kendal terlihat lelah rapi duduk di kursi yang tersedia di Aula Gedung Perkuliahan setempat yang berada di lantai III pada Senin pagi (30/5). Mereka merupakan maha­siswi semester II dari kampus sctempat, yang sebentar lagi akan dilepas untuk mengikuti kegiatan praktek KDK di RSUD dr Soewondo. Namun, mereka harus men­jalani proscsi Caping Day dan Ucap Janji Mahasiswa terlebih dahulu, sebelum melangkah ke tahap tersebut.

“ini merupakan praktek yang pertama kalinya bagi seorang mahasiswi kebidanan. Semoga ilmu yang telah dipclajari selama masa perkuliahan berupa KDK, dapat diterapkan dengan baik di tempat praktek ujar Direktur Akbid Uniska Ken­dal, Jumiatun SSiT M.Kes, saat memberikan sambutan dalam acara tersebut.

Jumiatun menghimbau kepada para mahasiswi yang hendak menjalani praktek tersebut, agar tidak berkecil hati dan kaget saat berada di lapangan dan bersinggungan langsung dengan masyarakat Dirinya menekankan, bahwa nantinya akan ada perbedaan pandangan antara menjadi seorang tenaga kesehatan dengan saat menjadi pasien ataupun keluarganya.

“Kami mjnta agar kalian saat terjun di lapangan nantinya, bisa memberikan pelayanan yang baik dengan menerapkan ilmunya secara holistik dan mengedepankan akhlak mulia. Semua itu merupakan cerminan sikap yang dijunjung kampus ini terangnya. Dirinya juga berharap agar jangan sampai ada kesan bidan galak dan jutek saat memberikan pelayanan kepada pasien, karena ini akan memberikan pengaruh psikologis yang juga dapat membuat pasien uring-uringan dan malah justru tidak sembuh-sembuh. “Perlu diingat bahwa para pasien akan selalu membutuhkan tenaga Anda semua selaku tenaga kesehatan. Unluk itu, kami minta agar senantiasa tersenyum saat melayani pasien.

Terpisah, Ketua Yayasan Akbid Uniska Kendal, Dr Kusuma Adji M.Si, mengatakan, kegiatan ini memang telah menjadi acara rutin tahunan dari kampus Akbid Uniska. Tujuannya dalam rangka mempersiapkan diri para mahasiswinya sebelum terjun langsung untuk praktek dan bertemu masyarakat secara langsung.

“Kami berharap ilmu yang telah diperoleh dapat diaplikasikan dengan baik oleh para mahasiswi praktek tersebut. Akbid Uniska Ken­dal saat ini telah memiliki Akreditasi B, dan diharapkan sebentar lagi akan dapat berkembang menjadi STIKES Uniska. Sehingga akan ada jurusan baru berupa SI Farmasi dan Gizi, di masa mendatang.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *